Senin, 07 Februari 2011

Profil Kota Ambon

Kota Ambon berada sebagian besar dalam wialayah pulau ambon dan secara geografis terletak pada posisi 3o- 4o Ls dan antara 128o-129o BT. Kota ambon sebelah utara berbatasan dengan Petuanan Desa Hitu, Hila, Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Banda, sebelah timur berbatasan dengan Petuanan Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dan sebelah barat berbatasan dengan Petuanan Desa Hatu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku tengah. Kota Ambon ini memilki luas wilayah 377 Km2.


Secara administratif Kota ambon ini terbagi menjadi 5 (lima) Kecamatan, 30 (tiga puluh) Desa dan 20 (dua puluh) Kelurahan. Pada tahun 2006 Kota Ambon ini memiilki jumlah penduduk 16.800 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduknya sendiri mencapai 732,08 Km2.

Kegiatan ekonomi Kota Ambon didominasi oleh sektor pertanian dengan hasil pertanian yang utama adalah bahan tanaman pangan , kondisi topografi atau permukaan tanah yang umumnya sama dengan di Kepulauan Maluku bergelombang dan terbentuk dari batu karang dan kapur tidak memungkinkan bagi tumbuhnya tanaman padi, juga tanaman palawija seperti ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, dan jagung serta tanaman holtikultura yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan. Dengan potensi perairan yang ada, hasil tangkapan memang masih berfluktuasi cukup mencolok dari tahun ke tahun namun tetap sebagai komoditas yang menjanjikan yakni ikan cakalang segar yang dibekukan cukup menjanjikan yang diekpor ke Jepang.

Di Kecamatan Nusaniwe, tepatnya di Desa Latulahat terdapat suatu daerah yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Namalatu pantai berpasir putih dan berair bening yang menghadap langsung ke Laut Banda ini akan mengundang siapa saja yang hadir di sana untuk merenangi dan menyelaminya, dasar lautnya menyajikan kekayaan alam yang jarang ditemui di tempat lain.

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/displayprofil.php?ia=8171

Tidak ada komentar:

Posting Komentar